CARA MERAWAT DAN MENYIMPAN CD DAN DVD AGAR TETAP AWET

Beberapa cara merawat dan menyimpan CD dan DVD agar tetap awet adalah sebagai berikut.
1. Membeli CD dan DVD yang Berkualitas Tinggi
Sebelum membahas cara merawat CD dan DVD, sebaiknya kita harus memilih CD dan DVD yang berkualitas baik. Jangan asal membeli CD dan DVD dengan jumlah banyak dan harga yang murah, biasanya saat menggunakan pertama kali memang masih bagus, tapi kalau kita gunakan sampai beberapa kali, CD dan DVD akan rusak.
2. Menaruh CD dan DVD di Dalam Wadah.
Meski kita membeli CD dan DVD yang berkualitas tinggi, tapi tetap beresiko terkena goresan. Jadi, penting untuk menyimpan CD dan DVD secara aman. Sering kita lihat CD musik ataupun CD Film yang dijual, mempunyai kotak CD. Nah cara itu digunakan agar CD kita tetap aman. Alternatif lain selain menggunakan kotak, bisa juga menggunakan plastik, alternatif lain bisa juga menggunakan amplop yang berukuran seperti CD.
3. Menyimpan CD dan DVD di Tempat yang Aman
Banyak sekali orang yang teledor menyimpan CD dan DVD mereka, padahal menyimpan CD dan DVD sangat penting untuk ketahanan CD dan DVD kita. Nah pastikan CD dan DVD kita disimpan yang aman, misalnya menyimpan dirak yang tinggi dan terkunci, jauhkan dari jendela agar tidak terkena sinar matahari.
4. Jangan Menulis di atas CD dan DVD
Banyak sekali orang yang memberi label atau menulis di atas CD dan DVD untuk menandai ataupun memberi nama, padahal Label ataupun tulisan dapat merusak disk. Label dapat mengganggu keseimbangan berat disk saat diputar, sehingga CD dan DVD mudah tergores. Apalagi kalau menulis di atas CD dan DVD dapat merusak, karena tinta tulisan kita dapat masuk dalam CD dan DVD kita. Sebaiknya kita menandai CD dan DVD dalam kotak atau menulis di kertas dan menyimpan di dalam kotak atau plastik disk.
5. Membersihkan CD dan DVD
Menjaga kebersihan CD dan DVD merupakan cara yang paling penting untuk merawat disk kita. Biasanya bekas jari dan goresan pada disk akan menyebabkan kerusakan. Ada beberapa cara membersihkan disk kita atau bahkan memperbaiki disk yang rusak, sehingga kita bisa menggunakan kembali. Dengan menggunakan pembersih dan lap yang halus ataupun kapas.
6. Bersihkan Pemutar CD dan DVD (Disk Writer)
Nah yang terakhir, apalagi kita sudah melakukan hal-hal di atas, tapi CD dan DVD kita masih tetap cepat rusak, kemungkinan besar pada pemutar, CD Rom, DVD ROM atau alat pemutar lainnya. Pemutar CD/DVD kadang-kadang bisa merusak CD/DVD kita, biasanya pemutar kita kotor karena debu. Nah untuk itu sering-seringlah membersihkannya.
Selamat Mencoba ^ _ ^